Sunday, August 2, 2015

Trip to Hangzhou - Part 1

Halo semuanya! Setelah sekian lama gak ngepost sama sekali, sekarang gw kembali bertekad untuk mengisi blog yang masih kosong ini. Sesuai judulnya, kali ini gw akan menceritakan perjalanan gw selama di Hangzhou, dimana kota ini akan menjadi tempat kuliah gw dan kembaran gw :D

Hangzhou terletak di Provinsi Zhejiang. Buat yang belom tau Hangzhou, kalian bisa liat di peta ini

Letak Hangzhou di negara China

Mungkin yang bagi yang merasa asing dengan Hangzhou, kita bisa ngomong kota ini dekat dengan Shanghai supaya tidak bingung :). Namun sebenarnya tidak dekat juga sih karena jarak yang ditempuh dari Hangzhou menuju Shanghai adalah satu jam dengan naik kereta cepat ( Bullet Train ) dengan kecepatan rata - rata 300 km/jam. Jadi bisa disimpulkan bahwa jarak sebenarnya kota Hangzhou - Shanghai adalah sekitar 300 km. Untuk melihat pengalaman naik kereta cepat dari Hangzhou ke Shanghai, silahkan klik link ini yaa.

Kota Hangzhou secara geografis terletak di Negara China bagian Selatan, namun tidak terlalu selatan banget, masih termasuk bagian tengah dari negara China. Hangzhou ini termasuk kota yang makmur di negara China. Kenapa begitu? Soalnya kebanyakan dari pengusaha sukses negara China tinggal di kota Hangzhou ini. Perusahaan besar seperti alibaba (e-Commerce terbesar di China) juga membuka kantor di tempat ini. Secara ekonomi, warganya cenderung sudah mapan dan bisa dibilang jika tinggal di tempat ini termasuk orang kaya di China. Gak heran, banyak toko-toko mahal dibuka disini ( Hermes, Gucci, LV, dll ) berderet di sepanjang jalan. Bahkan Apple store terbesar di China juga dibuka disini dan selama gw disana, setiap hari tempatnya bisa dibilang penuh dikunjungi banyak orang.

Apple Store - Hangzhou (2 floors)

Selain makmur, kota Hangzhou juga disebut sebagai 'surga' di negeri China. Bagi kalian yang belum pernah ke China, mungkin bisa dibayangkan dengan penduduk sebanyak 1,3 miliar, tentu akan mengira setiap kotanya akan penuh dengan warganya. Tetapi disini punya cerita yang berbeda. Tidak seperti kota Beijing atau Shanghai yang sudah cukup kumuh, kota Hangzhou masih termasuk kota yang sepi. Disini juga piramida penduduknya turun (alias lebih banyak orang tuanya dibanding muda mudinya). Jadi jangan heran kalau sepanjang jalan lebih banyak ketemu sama lansia, hal itu emang umum kok hehehe.

Mungkin masih banyak yang berpikir dan bertanya tanya, Kenapa sih mau ambil kuliah di Hangzhou? Gak di kota yang lebih dikenal kayak Beijing atau Shanghai? Tempat wisatanya apa? Kenapa bisa dibilang surganya negara China?

Buat yang masih penasaran stay tuned ya di blog gw. Tunggu post selanjutnya dan gw akan membahas lebih lanjut tentang kota Hangzhou ini! See you on my next post!


No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post